Jumat, 19 Oktober 2012

Olahraga, pengen sehat malah sakit!

Banyak media mengatakan, lari pagi merupakan olahraga yang murah dan mudah. Tidak memerlukan ongkos untuk sekedar membeli peralatan dan segala macamnya. Dan olah raga ini dipandang mudah mungkin karena alasan ini -> setiap orang yang bisa berjalan kemungkinan besar pasti juga bisa lari...

Tapi meskipun olahraga ini terlihat simple dan memberi banyak manfaat, bukan berarti olahraga lari tidak punya resiko untuk cidera. Pengalaman, seringkali setelah olah raga lari bukannya ngerasa lebih fit namun justru sebaliknya... rasa terlalu capek,  pegal-pegal atau rasa seperti mau pingsan setelah lari. Mungkin penyebabnya adalah kurangnya latihan (jarang olahraga) ataupun tidak melakukan pemanasan (warming up) sebelum lari.

Karena beberapa akibat yang nggak mengenakkan itu akhirnya jadi enggan untuk olahraga lari, padahal waktu masih kecil hobi lari pagi tiap minggu pagi. Sekarang udah gede jadi jarang lari pagi dan sekali lari pagi malah ngerasa drop.  "Gk usah lari-lari... jalan kaki aja... itu juga sama aja olahraga... ntar pingsan lagi!", itulah nasehat yang ku dengar. Tapi bukannya nggak ingin lari pagi lagi, malah ak ingin ngebuktiin kalo bakalan enjoy dengan olah raga yang satu ini. Masa' gara-gara lari aja sampe pingsan... :(

Kemarin udah semangat nyari-nyari tips2 lari pagi dari beberapa halaman web, dan ketemu. Berikut ini beberapa tips olahraga lari yang ak dapat:

Cukup minum sebelum lari pagi
Sebaiknya minum 2-3 gelas air kira-kira 30 menit sebelum jogging (minum air setelah bangun tidur)

Sarapan dulu
Makan sesuatu yang ringan seperti pisang atau sereal energi, sehingga tidak berolahraga dengan perut kosong. Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk lari pagi, maka berolahraga dengan perut kosong kemungkinan besar akan membuat Anda lesu, mual dan tidak mampu untuk melakukan yang terbaik.

Pemanasan sangat perlu
Bisa dilakukan dengan jalan kaki 200 m atau kurang lebih berjalan kaki selama 5menit. Untuk pemula sebaiknya setelah lari 100 meter, jalan santai dulu sekitar 200 meter. Jika sudah tidak lelah, lari lagi sejauh 100 meter. Ini bertujuan agar tidak kecapean.

Atur nafas saat lari
Saat lari, cobalah untuk mengatur nafas. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan. Setelah dada berasa penuh, baru keluarkan secara bertahap. Kalau kita bisa berlari sambil ngobrol  dengan teman sebelah berarti pengaturan nafasnya sudah baik.

Cooling Down
Saat mau berakhir, sebelumnya jalan kaki dulu sekitar 5 menit untuk pendinginan (cooling down). Jangan langsung duduk. Setelah suhu badan mulai turun dan keringat berhenti, baru mandi pagi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum dan sesudah lari pagi...
Semoga besok Ahad bisa jogging lagi... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

::Coment di sini::